Dari Rumah, Kita Kuat Praktik Menyusun Materi Pembelajaran di Rumah (Bagian Ketiga)
Bagian ini adalah yang terakhir dari dua tulisan sebelumnya. Kami akan sampaikan beberapa simulasi praktik menyusun materi pembelajaran di rumah baik materi sekolah maupun non sekolah. Tentu ini hanya tawaran yang Bapak/Ibu bisa modifikasi. Tawaran materi untuk tiga hari. Pada hari berikutnya Bapak/Ibu bisa ulang atau berikan materi yang berbeda.
Untuk materi non-sekolah, ingat ayah/bunda, diharapkan ayah/bunda bisa
lebih kreatif dan inovatif yaa. Karena materinya murni dirancang oleh
ayah/bunda, membuat kesepakatan dengan anak juga akan menarik yaa. Untuk materi
sekolah tentu harus menyesuaikan dengan materi yang ada dari sekolah. Dalam
jadual ini, kami sarankan Bapak/Ibu bisa menggabung materi keduanya dalam satu
hari.
Pukul 05.00 :
Shalat Subuh. Ayah sebaiknya bisa lebih berperan dalam membangunkan bunda dan
anak
Pukul 05.30 sd 08.00 :
Mandi + Beres-beres rumah + Masak Persiapan Sarapan. Bunda bisa berperan lebih
yaa.
Selama tiga
hari kegiatan ini bisa dilakukan.
Pukul 08.00 sd 10.00 :
(Bisa dijadwal melihat pelajaran sekolah misalnya Hari pertama, Bapak/Ibu
memfasilitasi pelajaran IPA, Hari kedua akan memfasilitasi Matematika, Hari
ketiga akan memfasilitasi pelajaran IPS, dan seterusnya)
Hari Pertama:
Lihatlah sampai
dimana pelajarannya kemudian coba beri beberapa penguatan (latihan lagi) pada
materi tersebut yang telah disampaikan oleh Bapak/Ibu guru di sekolah. Setelah
itu, ajaklah anak kita bertanya mengenai pelajaran tersebut sehingga akan
terjadi diskusi.
Hari Kedua:
Menonton video—video
pembelajaran dari beberap yang kami rekomendasi di tulisan kedua. Jadikan video
itu sebagai media belajar, Ayah/bunda bisa berdiskusi terkait dengan materi.
Hal ini akan mengasah kemampuan komunikasi anak dengan menjelaskan ulang dengan
bahasanya sendiri.
Hari Ketiga:
Biasanya Anak
memiliki Lembar Kerja Siswa (LKS), manfaatkan lah dengan mengoreksi jawaban
anak dan membenarkan bersama jawaban yang salah. Selain materi yang belum
dipelajari, materi yang telah dipelajari juga sangat bisa diulang lagi.
Pukul 10.00
sd 10.45 :
Istirahat. Bermain bebas. Bagi anak yang sedang menonton gadget, waktu ini
bagus diberi kesempatan untuk nonton.
Pukul 10.45
sd 12.20 :
Hari Pertama:
Menonton Film lalu
mendiskusikannya akan menarik. Beberapa film yang bisa disarankan adalah
Petualangan Sherina, yang bisa mengajarkan tentang persahabatan dan keberanian,
Garuda di Dadaku, yang bisa mengajarkan tentang berusaha yang gigih, Sekola
Rimba, yang bisa mengajarkan anak untuk bisa bersyukur.
Hari Kedua:
Akan menarik kita
beri ruang anak-anak kita bercerita tentang satu tema, misalnya tentang
teman-temannya, guru-gurunya, lingkungan sekolahnya, tetangganya, dan
sebagainya. Atau yang menarik juga melakukan “wondering”, harapan atau
keinginan anak kita terhadap Ayah/Bunda. Bisa dalam bentuk bercerita atau
bahkan lewat gambar yang nanti diminta untuk diceritakan makna dari gambar
tersebut. Atau bisa juga Ayah/Bunda bercerita tentang masa depan anak kita.
Hari Ketiga:
Ayah/Bunda bisa
melakukan permainan yang memiliki makna edukasi, misalnya Lego, Puzzle, Main
drama. Beberapa permainan untuk usia 5-12 tahun sesuai untuk permainan ini https://drive.google.com/file/d/1WtLRMRHo674FFnydMRt_Rml3fkSjvl0L/view
membuat imajinasi kota, https://drive.google.com/file/d/1N8tyVFzYn_Suns5ssbz64zMgSjhYloPh/view
menggabungkan gambar kendaraan, https://drive.google.com/file/d/18bCMFLBO2-HqvWqmoWGUBxTQ9bVJN3F5/view
menggabungkan gambar binatang, https://drive.google.com/file/d/1pKkLTD7lM68iSnCipCQtXDOuM2yhqVR7/view
alpabet dalam bahasa Inggris disertai gambar, https://drive.google.com/file/d/1anyyi-7AeDgeisyWDcEOiWEO1CFouW0z/view
mengenal melalui menghitung benda yang ada di rumah
Pukul 12.20
sd 14.00 : Shalat
Dhuhur + Makan Siang + Mengaji
Pukul 14.00
sd 16. 00 : Tidur
Siang & Shalat Ashar
Pukul 16.00
sd 17.45 :
Hari Pertama:
Memasak bersama untuk persiapan makan
malam beragama jenis masakan, misalkan lauk pauk, kue, dan sebagainya
Hari
Kedua:
Melakukan komunikasi jarak jauh dengan
keluarga jauh, misalkan kaken nenek, sepupu, paman, tante, dan sebagainya
Hari
Ketiga:
Menceritakan atau
membacakan dongeng atau kisah nabi dan rasul. Bercerita juga bisa dilakukan
oleh Ayah/Bunda melalui cerita fiksi buatan sendiri, namun pastikan ada muatan
moral didalamnya.
Pukul 17.45
sd 20.00 : Shalat
maghrib + Makan Malam + Shalat Isyak
Pukul 20.00
sd 20.30 :
Renungkan bersama anak kegiatan seharian dan kemelekatan
Bagian ketiga dari tulisan singkat seri Dari Rumah
Kita Kuat ini merupakan yang terakhir. Kita kuatkan rumah kita melalui
parenting beradab dan inovatif. Kami memaknai bahwa parenting harus beradab
yakni akronim dari berkah, aman dan bahagia sedang inavotif adalah kemampuan ayah/bunda mengkontekskan
pola-pola pengasuhan sesuai dengan kebutuhan rumah masing-masing.
Semoga bermanfaat,
Wassalam.